A. PENULISAN INDEKS ARSIP
Indeks
dalam pengertian kearsipan merupakan petunjuk atau tanda pengenal untuk
memudahkan menentukan tempat menyimpan arsip, sehingga mudah ditemukan kembali.
Mengindeks adalah menentukan uraian unit-unit atau bagian-bagian dari kata
tangkap yang akan disusun menurut abjad. Kata tangkap dapat diambil dari nama
orang, nama badan, nama tempat, istilah subjek, atau angka, tergantung pada
system penyimpanan yang digunakan. Kata tangkap merupakan tanda pengenal dari
suatu warkat yang disimpan, karena itu kata tangkap (catchword/caption) yang dipilih tergantung kepada system yang
digunakan. Sebelum disusun menurut abjad, nama nama diindeks terlebih dahulu.
1. Kegunaan
mengindeks
Kegunaan
indeks dalam dunia administrasi adalah untuk mengelompokkan atau menyatukan
arsip/dokumen yang memiliki kode dan kegiatan yang sama kemudian disatukan ke
dalam satu berkas. Selain itu,sebagai
media penemuan kembali dokumen. Dalam dunia perkantoran, biasanya indeks
yang digunakan adalah sebagai berikut;
a. Indeks
numeric, yaitu suatu daftar atau surat
yang disusun menurut nomor control atau disebut daftar inventarisasi.
b. Indeks
subjek, yaitu suatu daftar kata kunci yang disusun menurut abjad, sesuai dengan
nomor control yang berkaitan dengan surat.
2. Syarat
dalam mengindeks
a. Merupakan
kata yang mudah dimengerti
b. Diambil
atau ditentukan dari isi surat
c. Singkat,
jelas, dan mudah dimengerti
d. Berorientasi
pada kebutuhan pemakai.
Setiap
koresponden mempunyai kartu indeks masing-masing. File setiap nama akan
langsung dibuatkan indeksnya, sedangkan untuk file surat menggunakan dua kartu
indeks, yaitu kartu indeks campuran dan kartu indeks nomor. Umumnya kartu
indeks terbuat dari karton manila berukuran 12,5 cm untuk panjang dan 7,5 cm
untuk lebar.
B. PENYIMPANAN ARSIP
1. Penyimpanan Arsip Sistem
Abjad
Sistem
abjad adalah system penyimpanan dan penemuan kembali arsip yang disusun
berdasarkan kelompok nama orang/badan/perusahaan. Nama orang/badan tersebut
disusun berdasarkan urutan abjad. System ini adalah dasar dari system
penyimpanan lainnya. System abjad adalah system tertua dan paling banyak
digunakan. System ini juga sederhana dan
mudah karena kecenderungan orang lebih mudah mengingat nama/badan organisasi
disbanding dengan nomor atau angka.
a.
Peraturan
mengindeks
Pada
penyimpanan system abjad, pengelompokkan arsip disusun berdasarkan nama
orang/badan/organisasi perusahaan. Sedangkan indeks adalah sarana penemuan
kembali arsip dengan mengidentifikasi naskah/berkas melalui penunjukkan suatu
tanda pengenal yang dapat membedakan arsip tersebut dengan arsip lainnya.
b.
Peraturan
mengindeks dan member kode arsip
1) Cara
mengindeks nama orang Indonesia
a) Nama
tunggal, adalah nama orang yang terdiri dari satu suku kata.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Galuh
|
Galuh
|
- |
- |
Ga
|
2 |
Dimas |
Dimas
|
- |
- |
Di |
3 |
Nadira
|
Nadira
|
- |
- |
Na
|
b)
Nama ganda, adalah nama
orang yang terdiri lebih dari satu suku kata.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Nanda
Putri |
Putri
|
Nanda
|
- |
Pu
|
2 |
Wahyu
Adi Putro |
Putro
|
Wahyu |
Adi
|
Pu |
c)
Nama keluarga/suku/marga,
adalah nama orang diikuti nama keluarga/suku/marga, maka diindeks berdasarkan
nama keluarga/suku/marga.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Dendi
Siregar |
Siregar |
Dendi |
- |
Si
|
2 |
Hendry
Saragih |
Saragih |
Hendry
|
- |
Sa |
3 |
Satrio
Agung Kuncoro |
Kuncoro
|
Satrio
|
Agung
|
Ku
|
4 |
Ari
Kurniawan Zunianto |
Zunianto
|
Ari
|
Kurniawan
|
Zu
|
d) Nama
orang yang menggunakan singkatan di depan ataupun di belakang dan tidak
diketahui kepanjangannya maka diindeks nama jelasnya.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Unit IV |
Kode |
1 |
Y.E.
Karyanto |
Karyanto
|
Y |
E |
|
Ka |
2 |
T.K.
Sapto Nurmawanto |
Nurmawanto |
Sapto |
T |
K |
Nu |
3 |
Hadi
S.W. |
Hadi |
S |
W |
|
Ha |
e)
Nama orang yang menggunakan
singkatan di depan atau di belakang dan diketahui kepanjangannya, maka diindeks
dengan cara menulis lengkap singkatan itu.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Unit IV |
Kode |
1 |
Y.E.
Karyanto |
Karyanto
|
Yohanes |
Eko |
|
Ka |
2 |
T.K.
Sapto Nurmawanto |
Nurmawanto |
Sapto |
Tri |
Kurniawan |
Nu |
3 |
Hadi
S.W. |
Hadi |
Susilo |
Wardoyo |
|
Ha |
f)
Nama orang yang memakai
gelar, yang diutamakan adalah nama asli atau marga dan gelar tidak diindeks.
Gelar ditempatkan di unit terakhir dalam tanda kurung. Namun apabila gelar
tersebut diikuti nama tunggal maka gelar tersebut turut diindeks.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Zainal
Dt. Bagindo |
Zainal
|
Datuk
|
Bagindo
|
Za
|
2 |
Sutan
Marajolelo |
Marajolelo
|
Sutan
|
|
Ma
|
3 |
Raden
Ayu Sekartaji |
Sekartaji
|
Raden
|
Ayu
|
Se
|
4 |
K.H.
Ma’ruf Amin |
Amin
|
Ma’ruf |
(K.H.) |
Am |
5 |
Prof.
Dr. Pratiwi Sarjono |
Sarjono
|
Pratiwi
|
(Prof.
Dr.) |
Sa
|
6 |
Jenderal
Gatot Nurmantyo |
Nurmantyo
|
Gatot
|
(Jenderal) |
Nu |
g) Nama
urutan kelahiran, biasanya terjadi di Bali seperti putu, wayan, made, nyoman,
ketut, diutamakan yang diindeks ialah nama diri diikuti oleh gelar urutan
kelahiran.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
I
Made Putu Wijaya |
Wijaya
|
Putu |
(
I Made ) |
Wi
|
2 |
I
Made Komang Putra |
Putra
|
Komang |
(
I Made ) |
Pu |
h) Nama
orang yang diikuti dengan nama baptis, diutamakan nama aslinya sehingga nama
baptis tidak diindeks. Namun apabila nama baptis itu diikuti nama tunggal maka
nama baptisnya turut diindeks.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Yosef
Kristyanto |
Kristyanto |
Yosef |
|
Kr |
2 |
Yehezkiel
Eko Pambudi |
Pambudi
|
Eko
|
(Yehezkiel) |
Pa
|
i)
Nama wanita yang diikuti
nama suami atau ayahnya, diindeks dengan menampilkan nama suami/ayahnya
terlebih dahulu.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Ny.
Linda Handoyo |
Handoyo |
Linda |
(Ny.) |
Ha |
2 |
Daniel
Edi Santoso |
Edi
Santoso |
Daniel
|
|
Ed
|
3 |
Fika
Riyanto |
Riyanto
|
Fika
|
|
Ri
|
j)
Nama yang memakai nama
bin/binti, diindeks dengan cara menuliskan terlebih dahulu nama yang mengikuti
nama yang bertalian.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Farid
bin Abdullah |
bin
Abdullah |
Farid
|
|
Ab
|
2 |
Ika
binti Harsono |
binti
Harsono |
Ika |
|
Ha
|
3 |
Dodi
al Fayed |
al
Fayed |
Dodo |
|
Fa
|
k)
Nama orang yang masih
menggunakan ejaan lama, diindeks sebagaimana nama itu ditulis.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Soekarno
|
Soekarno
|
|
|
So
|
2 |
Hari
Boedi Sapoetra |
Sapoetra
|
Hari
|
Boedi
|
Sa
|
2) Cara
mengindeks nama orang asing
a) Nama
orang barat, Jepang, India dan lain sebagainya, diindeks berdasarkan nama
keluarga yang biasanya ditempatkan di bagian belakang (nick name).
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Michael
J. Forest |
Forest
|
Michael |
J. |
Fo
|
2 |
Takeshi
Harada |
Harada |
Takeshi
|
|
Ha
|
3 |
Indira
Gandhi |
Gandhi
|
Indira
|
|
Ga |
b) Nama
orang eropa yang memakai tanda penghubung, diindeks nama yang menggunakan
penghubung tersebut sebagai satu kata.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Theresa
Gerrit-Earth |
Gerrit-Earth |
Theresa |
|
Ge
|
2 |
Swan
Narve-Addison |
Narve-Addison |
Swan
|
|
Na
|
c) Nama
orang eropa yang menggunakan awalan, hendaknya tidak dianggap satu unit
tersendiri, tetapi merupakan satu kesatuan dari nama keluarga. Pengindeksan
dilakukan dengan cara menempatkan orang yang didepannya di beri awalan.
Misalnya Van, Vande, De dan Di.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
John
van den Bosch |
van
den Bosch |
John
|
|
V
|
2 |
Leonardo
da Vinci |
da
Vinci |
Leonardo
|
|
D
|
d) Nama
orang Cina, Taiwan, Korea diindeks dengan cara menuliskan sebagaimana nama
tersebut ditulis, karena nama keluarga selalu dicantumkan di depan.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Soe
Hok Gie |
Soe |
Hok |
Gie |
So |
2 |
Tan
Tjoe Hok |
Tan
|
Tjoe |
Hok |
Ta |
3) Cara
mengindeks nama perusahaan
a) Mengindeks
nama perusahaan pada umumnya diutamakan nama yang dipentingkan kemudian diikuti
dengan badan hukum atau kegiatannya.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Unit IV |
Kode |
1 |
PT
Telkom Indonesia |
Telkom
|
Indonesia
|
Perseroan |
Terbatas
|
Te
|
2 |
PT
Indosat |
Indosat
|
Perseroan
|
Terbatas
|
|
In
|
3 |
Pabrik
Sepatu Tompkins |
Tompkins
|
Pabrik
|
Sepatu
|
|
To
|
4 |
Toko
Buku Gramedia |
Gramedia
|
Toko
|
Buku
|
|
Gr
|
5 |
Perusahaan
Sari Roti |
Roti
|
Perusahaan
|
Sari
|
|
Ro
|
b) Nama
bank atau perusahaan yang disingkat, cara mengindeksnya adalah dengan
menampilkan kepanjangan dari singkatan itu terlebih dahulu. Kemudian diindeks
sebagaimana nama kepanjangannya.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
BNI |
Bank |
Negara
|
Indonesia
|
Ba
|
2 |
LG |
Lucky
|
Goldstar
|
|
Lu
|
3 |
MAS |
Malaysia
|
Airlines
|
|
Ma
|
c)
Nama perusahaan yang
menggunakan nama orang, diindeks sebagaimana nama tersebut ditulis, kemudian
diikuti dengan jenis badan hukum atau kegiatannya.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Kode |
1 |
RS
Cipto Mangunkusomo |
Cipto
Mangunkusomo |
Rumah
Sakit |
Ci |
2 |
Bandara
Halim Perdanakusuma |
Halim
Perdanakusuma |
Bandar
Udara |
Ha
|
d)
Nama perusahaan yang terdiri
atas angka sebagai bagian dari nama perusahaan tersebut, diindeks dengan cara
menuliskan angka tersebut sebagai satu unit dengan yang lainnya.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Toko
123 |
Toko
|
satuduatiga |
|
To
|
2 |
PT
XYZ |
X
|
Y
|
|
Xy
|
3 |
Bengkel
Service Mobil |
Bengkel
|
Service
|
Mobil
|
Be
|
e) Nama
perusahaan yang menggunakan huruf dan bukan merupakan singkatan, diindeks
dengan cara sebagai berikut.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Toko
ABC |
ABC |
Toko
|
|
Ab |
2 |
CV
XYZ |
XYZ |
CV |
|
Xy
|
f) Nama
perusahaan yang menggunakan tanda penghubung, dari, dan, &, tidak dianggap
sebagai bagian tersendiri dari nama tersebut. Pengindeksannya dilakukan sebagai
berikut.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Unit III |
Kode |
1 |
Kantor
Hukum Yendrison & Rekan |
Kantor
|
Hukum |
Yendrison
& Rekan |
Ka
|
2 |
Firma
Hukum Melli Darsa & Co |
Firma
|
Hukum
|
Melli
Darsa & Co |
Fi
|
4) Cara
mengindeks nama instansi pemerintah
a) Nama
instansi diutamakan ialah sifat dari instansi tersebut.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Kode |
1 |
SMA
Negeri 109 Jakarta |
Atas
Negeri 109 Jakarta |
Sekolah
Menengah |
At |
2 |
UIN
Yogyakarta |
Islam
Negeri Yogyakarta |
Universitas |
Is |
b) Nama
instansi/lembaga diindeks dengan cara meletakkan nama instansi/lembaga tersebut
pada unit terakhir pengindeksan.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Kode |
1 |
Kemendikbud
|
Pendidikan
Kebudayaan |
Kementrian
|
Pe
|
2 |
LSN |
Sandi
Negara |
Lembaga
|
Sa
|
c) Nama
yayasan/perkumpulan, yang pertama diindeks ialah kata pengenal terpenting dari
nama yayasan/perkumpulan tersebut, baru kemudian sifatnya.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Kode |
1 |
IDI |
Dokter
Indonesia |
Ikatan |
Do |
2 |
HMI |
Mahasiswa
Islam |
Himpunan
|
Ma |
d)
Nama pemerintah Negara
asing, yang diindeks adalah unit politik dari Negara tersebut.
No |
Nama |
Unit I |
Unit II |
Kode |
1 |
CIA |
Amerika
|
Central
Intelegence (of) |
Am
|
c.
Alat
bantu system abjad
Pada
dasarnya semua alat pengarsipan dapat digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan
penyimpanan arsip. Namun, umumnya Alat bantu yang digunakan dalam penyimpanan
arsip menggunakan system abjad sebagai berikut
1) Guide
Guide
sebagai pembatas antara kelompok arsip yang satu dengan yang lain. Sebanyak 26
guide juga harus disediakan dan diberi kode A-Z.
2) Filling
cabinet
Laci
filling cabinet dapat menampung surat sekitar 3.500-4.000 lembar sesuai
kebutuhan. Laci tersebut diberi kode A-Z. Akan tetapi, jika arsip dalam jumlah
yang banyak, bisa saja satu laci saja untuk satu kode huruf, jadi membutuhkan
sebanyak 26 laci.
3) Alat
sortir
Gunanya
untuk memudahkan dalam menyortir arsip.
4) Hanging
folder
Guna
hanging folder adalah sebelum menyimpan surat dalam filing cabinet, surat
terlebih dahulu di masukkan ke dalam hanging folder. Jumlahnya dapat
menyesuaikan. Hanging folder ditempatkan di belakang guide. Misalnya, jika
ditempatkan di belakang guide A, hanging folder diberi kode Aa, Ab, Ac dan
seterusnya.
d.
Cara
menyimpan arsip dengan system abjad
1) Memeriksa
surat/berkas
Sebelum
surat disimpan, petugas harus memeriksa surat
apakah surat masih diproses atau sudah boleh disimpan dengan menanyakan
langsung kepada pimpinan atau orang yang berkepentingan terhadap surat. Atau dengan
memperhatikan tanda yang ada pada surat, seperti tanda “file”, “simpan” atau dep (deponeren
artinya simpan).
2) Mengindeks
surat/berkas
Surat
dibaca dan kemudian ditentukan indeksnya. Jika surat masuk, maka yang diindeks
adalah nama pengirim surat. Jika surat keluar, maka yang diindeks adalah nama
tujuan. Arsiparis menyimpan surat-surat dengan menggunakan abjad di filling
cabinet.
Berikut
ini contoh surat masuk dan surat keluar dalam sebuah perusahaan.
Sebelum di Indeks |
Setelah di Indeks |
Kode |
a)
Surat untuk Irfan Batubara b)
Surat dari PT Bumi Sentosa c)
Surat dari Drs. Januar Abidin d)
Surat untuk Irdan Batubara e)
Surat dari Irdan Romula Batubara f)
Surat dari Apotek Cempaka g)
Surat dari Deliawati h)
Surat dari Adi Nugroho Afiudin i)
Surat untuk Rumah Makan Angkasa j)
Surat dari Radio Delta Mas FM |
a)
Abidin, Januar, Drs. b)
Afiudin, Adi Nugroho c)
Angkasa, Rumah Makan d)
Batubara, Irdan e)
Batubara, Irdan Romula f)
Batubara, Irfan g)
Bumi Sentosa, PT. h)
Cempaka, Apotek i)
Deliawati j)
Delta Mas FM, Radio |
a)
Ab b)
Af c)
An d)
Ba e)
Ba f)
Ba g)
Bu h)
Ce i)
De j)
De |
3) Mengode
surat/berkas
Kode
surat didapat setelah mengetahui indeks. Kode abjad diambil dari dua huruf
pertama pada unit pertama nama yang diindeks. Kemudian menulis kode pada
surat/arsip. Guna menyimpanan surat vertical, kode ditulis di pojok kanan
bawah. Jika penyimpanan secara horizontal, kode ditulis di pojok kanan atas.
Penulisan kode sebaiknya menggunakan pensil. Hal ini bertujuan apabila
sewaktu-waktu arsip tersebut dipinjam dan akan difotokopi, maka kode tersebut
dapat dihapus sementara.
4) Menyortir
surat
Menyortir
surat adalah mengelompokkan suart-surat yang mempunyai kode yang sama menjadi
satu, sehingga apabila akan ditempatkan pada tempat penyimpanan tidak perlu
mondar-mandir. Surat yang mempunyai kode yang sama/sejenis dikelompokkan
menjadi satu, misalnya kelompok abjad A sesama abjad A, B dengan B. dan
seterusnya.
5) Menempatkan
surat/berkas
Langkah
terakhir adalah proses penyimpanan adalah menempatkan arsip pada tempatnya
sesuai kode.
Contoh
surat yang sudah diberi kode disimpan dalam hanging foldernya.
Surat
kelompok A ditempatkan pada laci yang berkode A-D, dibelakang guide berkode A,
di dalam hanging folder berkode Ab, Af dan An.
Surat
kelompok B ditempatkan pada laci yang berkode A-D, di belakang guide berkode B,
di dalam hanging folder Ba, dan Bu.
Surat
kelompok C ditempatkan pada laci yang berkode A-D, di belakang guide berkode C,
di dalam hanging folder Ce.
Surat
kelompok D ditempatkan pada laci yang berkode A-D, di belakang guide berkode D,
di dalam hanging folder De.
2. Penyimpanan Arsip Sistem
Kronologis
Penyimpanan arsip berdasarkan kronologis
merupakan system penyimpanan dan penemuan kembali arsip yang berdasarkan tahun,
bulan, dan tanggal arsip dibuat. Sistem ini merupakan system yang paling mudah
dan paling sederhana, tetapi system ini seringkali menggunakan alat bantu lain
(kartu indeks) untuk menemukan arsip yang dicari. Hal ini dikarenakan orang
sangat sulit untuk mengingat tanggal kapan surat tersebut dibuat. Apalagi jika
arsip yang dicari sudah terjadi beberapa tahun yang lalu.
Dalam system kronologis tidak memerlukan
daftar klasifikasi karena bagian tanggal sangat sederhana, yaitu tahun, bulan
dan tanggal. Untuk system kronologis, tahun adalah untuk menentukan kode laci,
bulan menentukan guide (ada 12 guide) dan tanggal untuk menentukan folder
(folder/map dibuat sebanyak tanggal
dalam satu bulan).
a. Jenis
peralatan dan perlengkapan dalam system kronologis
1) Guide
Jika
satu laci memuat arsip satu tahun, maka laci memerlukan 12 guide (karena 1
tahun sama 12 bulan).
2) Filing
cabinet, disesuaikan dengan daftar klasifikasi yang sudah dibuat.
3) Kartu
indeks
Kartu
indeks diperlukan sebanyak jumlah dari jenis arsip yang disimpan.
4) Hanging
folder, jumlah hanging folder yang dibutuhkan sebanyak jumlah hari dalam satu
tahun.
b. Prosedur
penyimpanan arsip sistem kronologis
1) Memeriksa
surat/berkas
Surat
atau berkas diperiksa dengan melihat
tanda-tanda perintah penyimpanan dan menentukan identitas surat, yaitu tanggal
surat tersebut dibuat. Contoh surat dari PT Tirta Kencana tertanggal 1 Maret
2017, berarti idetitas surat tersebut 1 Maret 2017.
2) Mengindeks
Membagi
tanggal menjadi tanggal utama, subtanggal, dan sub-subtanggal. Contohnya.surat
tanggal 1 Maret 2017 memiliki tanggal utama 2017. Sub tanggal Maret dan
sub-subtangggal 1.
3) Mengode
Memberi
kode pada surat dengan kode tanggal. Kode tanggal dituliskan pada sebelah kanan
atas sebagai penanda surat.
4) Menyortir
Menyortir
dilakukan apabila kuantitas surat masuk dan keluar dalam jumlah yang banyak
pada hari yang sama.
5) Menempatkan
Langkah
terakhir adalah menempatkan arsip sesuai dengan kode dan klasifikasi surat.
Contohnya arsip tertanggal 1 Maret 2017 disimpan pada laci berkode 2017, di
belakang guide Maret, di dalam hanging folder berkode 1. Perlu diingat bahwa
penyimpanan system tanggal pun harus menyediakan kartu indeksnya.
3. Penyimpanan Arsip Sistem
Geografis
System
geografis sering disebut system ilmu bumi//system wilayah/tempat. System
geografis adalah system penyimpanan arsip berdasarkan pembagian wilayah atau
daerah. Arsip-arsip yang akan disimpan, penyusunannya diatur menurut satuan
wilayah atau daerah yang menjadi alamat surat, susunannya dapat durutkan
menurut abjad.
a. Susunan
dalam system geografis
1) Mengacu
kepada lingkungan geografis, antara lain sebagai berikut, nama benua, nama
Negara, serta ibu kota Negara.
2) Mengacu
kepada system ketatanegaraan; provinsi, kabupaten/kotamadya, kecamatan.
b. Prosedur
penyimpanan arsip berdasarkan sistem geografis
1) Membaca
surat
Mengetahui
isi surat, nomor surat, dan yang paling utama adalah untuk mengetahui
asal/tujuan surat serta menegtahui apakah
surat sudah diberi tanda persetujuan untuk disimpan.
2) Menetapkan
caption atau judul
Caption
dalam system wilayah adalah nama wilayah, daerah, tempat, kota, atau Negara
tergantung pada susunan wilayah yang telah ditentukan.
3) Memberi
kode
Kode
adalah nama wilayah atau nama daerah yang telah ditentukan. Kode menunjukkan
tempat arsip itu akan disimpan. Contohnya PT Union di Jakarta menerima surat
dari kantor cabang Jambi tanggal 15 Januari 2017 Nomor 597/15.1/Jan/17, perihal
penambahan anggaran pemasaran.
4) Membuat
tunjuk silang
Apabila penyusunannya berdasarkan tanggal tidak perlu
dibuatkan tunjuk silangnya, tetapi apabila penyusunan arsip dalam folder
berdasarkan susunan abjad dan dalam surat tersebut terdapat lebih dari satu
judul padahal masing-masing judul memiliki penekanan yang sama maka perlu
dibuatkan tunjuk silang agar penemuan kembali dapat dilakukan lebih mudah.
5) Menyimpan
surat
Penyimpanan
surat dalam laci dan folder sesuai kode surat. Jika surat diatas dengan kode
sebagai berikut.
Jambi
15
Januari
Akan
disimpan dalam;
Laci
yang berkode/judul : Jambi
Di
belakang guide dengan kode : Januari
Dalam
folder yang berkode : 15
4. Penyimpanan Arsip Sistem
Nomor
System
nomor adalah system penyimpanan dan penemuan kembali arsip yang disusun
berdasarkan peraturan yang sudah lazim digunakan, yakni sebagai berikut;
a. System
penyimpanan arsip berdasarkan nomor seri (urut)
System
ini dilakukan jika jumlah arsip yang disimpan berkisar 1.000 – 10.000 arsip.
Penomoran dimulai dengan nomor 1,2,3 dan seterusnya. Pada system ini, setiap
koresponden diberi nomor kode sesuai dengan urutan yang berlaku pada buku
nomor.
Buku
nomor adalah buku yang berisi nomor-nomor yang sudah digunakan sebagai nomor
koresponden (nama) dalam file system nomor. Nama koresponden yang dapat diberi kode nomor adalah jika
surat atas nama tersebut sudah lebih dari 5 surat. Namun, jika belum mencapai 5
surat, maka belum ditulis pada buku nomor, surat diberi kode sementara dengan
huruf C yang berarti file Campuran.
b. System
penyimpanan arsip berdasarkan terminal digit
System
terminal digit adalah system penyimpanan dan penemuan kembali berdasarkan nomor
urut pada buku arsip. Nomor urut pada buku arsip dimulai pada nomor 0000 (4
digit), sehingga arsip yang bernomor 0000 adalah arsip yang pertama disimpan.
System
terminal digit ini sangat mudah dipahami dan dilaksanakan. Patokan dalam system
ini adalah nomor agenda surat atau nomor surat ketika dicatat di buku arsip,
dimana nomor ini dimulai pada nomor 0000 (4 digit).
Perlengakapan
yang dibutuhkan dalam system ini adalah
1) Filling
cabinet 10 buah yang diberi nomor ganda mulai dari 00-09, 10-19, 20-29 … dan
sampai 90-99.
2) Guide,
setiap laci ada 10 guide jadi dibutuhkan 100 guide.
3) Folder,
setiap guide ada 10 folder jadi dibutuhkan 1000 folder.
c. Cara
mengindeks system terminal digit
1) Ambil
2 angka dari belakang sebagai unit I untuk menentukan laci dan guide
2) Ambil
1 angka setelah unit I sebagai unit II untuk menentukan folder (disimpan di
folder mana)
3) Sisanya
untuk menentukan urutan surat di dalam
folder.
Contoh
: jika surat di buku agenda bernomor 0218
Diindeks
menjadi : 0 (unit III), 2 (unit II), 18 (unit I).
Jadi
Surat
tersebut disimpan di laci 10-19. (karena 18 terletak diantara 10-19)
Di
guide ke 18, folder ke-3 (unit 2+1) kenapa ditambah 1? Karena perhitungan
dimulai dari 0 (nol) dan disimpan pada urutan surat yang pertama (unit 3).
System
penyimpanan arsip berdasarkan nomor banyak digunakan di berbagai kantor dan
instansi yang penggunaannya menggunakan urutan nomor, contoh KTP, Nomor
Rekening Bank, Nomor Induk SIswa, dan penggunaan nomor lain semacamnya.
Contoh
Sekolah Nomor Induk Sekolah
Perguruan
Tinggi Nomor Induk Mahasiswa
PLN
Nomor Rekening
Listrik
Rumah
Sakit Nomor Identitas Pasien
5. Penyimpanan Arsip Sistem Subjek
System
subjek adalah system penyimpanan dan penemuan kembali arsip yang disusun
berdasarkan pengelompokkan nama masalah/subjek pada isi surat. Dalam mengelola
arsip pribadi, kita juga dapat menerapkan system subjek, misalnya di rumah
tangga. Terdapat arsip tentang pembayaran rekening listrik, rekening telepon,
arsip tentang ijazah, akte kelahiran, dan lain-lain.
Dalam
penyusunan daftar klasifikasi subjek, maslah-masalah yang ada dibagi menjadi
beberapa tingkatan, yaitu sebagai berikut:
Tingkat
I masalah utama
(masalah yang paling luas)
Tingkat
II submasalah
(masalah yang lebih kecil dari masalah utama)
Tingkat
III sub-submasalah
(masalah yang lebih kecil dari sub masalah)
Langkah-langkah
menyimpan arsip system subjek pada dasarnya sama dengan system-sistem yang lain
a. Memeriksa
berkas
Berkas
atau surat yang disimpan diperiksa untuk memastikan apakah arsip sudah selesai
diproses dengan melihat tanda-tanda perintah surat disimpan. Pada saat
memeriksa, petugas sekaligus menentukan subjek surat tersebut. Contohnya Bagas akan menyimpan surat dari Ibu
Arliani tentang cuti sakit, artinya surat tersebut subjeknya adalah cuti sakit.
b. Mengindeks
Mengindeks
dalam system subjek artinya menentukan permasalahan surat dengan mencocokkan
dengan daftar klasifikasi yang sudah dibuat.
c. Mengode
Menuliskan
kode pada surat tersebut sesuai dengan daftar klasifikasi subjek. Jika daftar
klasifikasi subjek menggunakan kode beberapa huruf atau angka, maka kode yang
ditulis pada surat adalah kode huruf atau angka tersebut. Jika klasifikasi
tidak menggunakan kode, maka kode yang ditulis adalah nama subjeknya. Kode
subjek yang ditulis adalah nama/nomor subjek pada daftar klasifikasi yang
tingkatannya paling kecil.
d. Menyortir
Surat-surat
yang mempunyai kode-kode yang sama dikelompokkan menjadi satu. Apabila surat
hanya satu, maka tidak perlu disortir.
e. Menempatkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar