A. PENGERTIAN KHALAYAK
Khalayak disebut juga
public. Khalayak (public) adalah sekelompok orang yang berkomunikasi dengan
suatu organisasi, baik secara internal maupun eksternal. Setiap organisasi memiliki
organisasi sendiri khalayak khususnya, yakni suatu organisasi atau perusahaan
tidak hanya menyelenggarakan komunikasi dengan konsumen atau stafnya saja.
Delapan khalayak utama yang sering menjadi subjek dari berbagai organisasi,
yaitu:
1.
Masyarakat
luas
2.
Calon
pegawai atau anggota
3.
Para
pegawai atau anggota
4.
Pemasok
jasa atau berbagai macam barang
5.
Para
investor pasar uang
6.
Para
distributor
7.
Konsumen
dan pemakai produk organisasi
8.
Para
pemimpin pendapat umum
B. PENETAPAN KHALAYAK
1.
Alasan
Penetapan Khalayak
Ada beberapa alasan pokok mengapa
suatu organisasi atau perusahaan harus mengenali atau menetapkan unsure
masyarakat luas yang menjadi khalayaknya,
a.
Untuk
mengidentifikasi segmen khalayak atau kelompok yang paling tepat untuk
dijadikan sasaran suatu program kehumasan.
b.
Untuk
menciptakan skala prioritas, sehubungan dengan adanya keterbatasan anggaran dan
sumber-sumber daya lainnya.
c.
Untuk
memilih media dan teknik humas yang sekiranya paling sesuai
d.
Untuk
mempersiapkan pesan-pesan sedemikian rupa agar cepat mudah diterima.
2.
Akibat
tidak dimenetapkannya khalayak
a.
Segenap
dana dan usaha akan terpecah-pecah akibat terlalu luasnya khalayak yang dituju.
b.
Pesan
yang dikirimkan tidak ditangkap atau dimengerti sebagaimana mestinya karena
pesan itu tidak sesuai dengan karakteristik khalayak yang menerimanya.
c.
Total
kegiatan tidak akan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sehingga
penggunaan jam kerja, materi, serta peralatan menjadi tidak ekonomis.
d.
Tujuan
yang hendak dicapai luput dari jangkauan.
e.
Pihak
manajemen atau perusahaan klien tidak akan merasa puas dengan hasil yang ada.
f.
Tanpa
adanya khalayak yang jelas (berikut skala prioritasnya, apabila dana dan sumber
daya lain yang tersedia sangat terbatas), organisasi yang bersangkutan tidak
mungkin menemukan media dan teknik-teknik yang tepat untuk melancarkan kampanye
humasnya itu.
C. EMPLOYEE RELATIONS, MEDIA
RELATIONS, COMMUNITY RELATIONS, PUBLIC AFFAIRS, DAN GOVERNMENT RELATIONS
1.
Employee
Relations
Employee relations atau hubungan
dengan karyawan meliputi semua bentuk komunikasi antara pimpinan dengan
karyawannya. Khalayak karyawan termasuk pegawai, pimpinan, pekerja kontrak, dan
serikat pekerja. Tujuan employee relations adalah :
a.
Meningkatkan
pengetahuan karyawan tentang kebijakan, kegiatan, dan perkembangan/pertumbuhan
organisasi.
b.
Meningkatkan
sikap positif karyawan terhadap organisasi
c.
Menerima
feedback dari organisasi
2.
Media Relations
Media relations terdiri atas
publisitas atau liputan berita tentang kegiatan organisasi. Media relations
adalah kegiatan utama PR.
Ada beberapa hal yang harus
diperhatikan untuk mengoptimalkan penggunaan media massa.
a.
Jenis
dan besaran khalayak yang dijangkau oleh setiap media massa/saluran
b.
Jenis
materi yang digunakan oleh media/saluran, misalya spotnews, features,
wawancara, atau foto.
c.
Nama
dan jabatan editor yang bersangkutan, direktur, reporter, atau staf penulis
pemberitaan organisasi.
d.
Tenggat
waktu (deadlines) media yang bersangkutan, bulanan, mingguan, harian, edisi
pagi, edisi sore, per edisi atau sebagainya.
Tujuan media relations, yaitu:
a.
Meningkatkan
pengetahuan komunitas media terhadap media organisasi.
b.
Meningkatkan
kredibilitas organisasi di kalangan orang-orang media
c.
Meningkatkan
sikap dan pemberitaan yang positif tentang organisasi di media.
3.
Community
Relations
Hubungan suatu lembaga dengan
lingkungan sekitarnya sangatlah penting karena merekalah yang menyediakan
tenaga kerja, menjadi daya dukung bagi organisasi serta menghindari dari yang
patut dihindari.
Berikut ini target khalayak
hubungan dengan komunitas
a.
Keluarga
karyawan
b.
Komunitas
media dan komentator
c.
Pimpinan
komunitas (seperti guru, pemuka agama, dan tokoh adat)
Tujuan community relations, antara
lain
a.
Meningkatkan
pengetahuan komunitas tantang kegiatan operasional organisasi, termasuk
produknya, pelayanannya, karyawannya, dan dukungan terhadap proyek komunitas.
b.
Mendapatkan
dukungan dari pimpinan komunittas, serta
c.
Mendorong
adanya feedback dari pimpinan
komunitas.
4.
Public
Affairs dan Government Relations
Tidak ada komentar:
Posting Komentar