Selasa, 10 Maret 2020

VII PENGELOLAAN DATA, INFORMASI, DAN INTERNET


A.      Konsep Data dan Informasi
1.      Data
Dari segi bahasa, kata “data” berasal dari kata “datum” yang berasal dari Bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan.
a.       Pengertian data
Data secara umum adalah kumpulan fakta, kejadian yang digunakan sebagai penyelesaian masalah dalam bentuk informasi. Berikut ini pengertian data menurut para ahli.
1). Edhy Sutanta  : data dapat didefinisikan sebagai bahan keterangan tentang kejadian-kejadian nyata atau fakta-fakta yang dirumuskan dalam kelompok lambang tertentu yang tidak acak yang menunjukkan jumlah, tindakan, atau hal.
2). Wilkinson : data adalah fakta, angka bahkan symbol mentah. Secara bersama-sama merupakan masukan bagi suatu system informasi.
3). Arikunto : Kuswandi dan E. Mutiara : Data sebagai kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, dapat berupa angka,lambang atau sifat.

b.      Jenis-jenis data
1)      Jenis data menurut sifatnya
a.       Data kualitatif, yaitu data yang tidak berbentuk angka, misalnya kondisi barang (jelek, sedang, bagus), jenis pekerjaan (petani, pengusaha, pedagang).
b.      Data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka, misalnya harga barang, besarnya pendapatan, dan jumlah pembeli.

2)      Jenis data menurut sumbernya
a.       Data internal,  yaitu data dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut, contohnya jumlah karyawan jumlah modal, atau jumlah produksi dalam suatu perusahaan.
b.      Data eksternal, yaitu data dari luar suatu organisasi yang dapat menggambarkan factor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi. Misalnya daya beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.

3)      Jenis data menurut waktu pengumpulannya
a.       Data cross section, yaitu data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu (at a point of time) untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu tertentu. Misalnya, laporan keuangan per 31 Desember 2018, data pelanggan PT Sejahtera bulan Oktober 2018.
b.      Data berkala (Time Series Data), yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu kejadian selama periode tersebut. Misalnya data jumlah pelanggan dari bulan Januari-Desember 2018

4)      Jenis data menurut cara memperolehnya
a.       Data primer (Primary data), yaitu data yang dikumpulkan oleh perorangan/suatu organisasi secara langsung dari objek yang diteliti dan untuk kepentingan studi yang bersangkutan yang dapat berupa interview atau observasi secara langsung.
b.      Data sekunder (secondary data), yaitu data yang diperoleh dan disatukan oleh studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Contohnya data dokumentasi seperti buku, jurnal, dan arsip-arsip.


c.       Hierarki Data
Hierarki data atau tingkatan data disusun dari yang paling sederhana hingga paling kompleks.
1)      Basis data, yaitu sekumpulan dari bermacam-macam tipe record yang memiliki hubungan record.
2)      Berkas/file, yaitu merupakan sekumpulan rekaman data yang berkaitan dengan suatu objek.
3)      Record, merupakan sekumpulan data yang saling berhubungan suatu objek tertentu.

d.      Metode pengolahan data pada komputer
1)      Pengumpulan data, merupakan kegiatan pengumpulan data yang menggambarkan tiap tindakan internal perusahaan dan menggambarkan transaksinya dengan lingkungannya.
2)      Pengubahan data, kegiatan ini mencakup pengklasifikasian, penyortiran, pengakumulasian, perekapitulasian, hingga pembandingan.
3)      Penyimpanan data, penyimpanan data pada data base di suatu media penyimpanan sampai data itu diperlukan.
4)      Pembuatan dokumen, pengolahan data menghasilkan dokumen yang dibutuhkan oleh perorangan atau kelompok baik di dalam maupun luar perusahaan.

2.      Informasi
a.      Pengertian Informasi
Secara etimologi, informasi berasal dari Bahasa Latin, yaitu “Informatinem” yang artinya ide, kode atau garis besar. Secara umum, informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya.

Pengertian informasi menurut para ahli
1)      Edhy Sutanta
Informasi merupakan hasil pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang dapat dirasakan akibatnya secara langsung saat itu juga atau secara tidak langsung pada saat mendatang.
2)      Hoffer
Informasi adalah data yang telah diproses sedemikian rasa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakannya.
3)      Tata Sutabri
Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

b.      Ciri-ciri informasi
1)      Benar atau salah, artinya dalam hal ini informasi berhubungan dengan kebenaran atau kesalahan terhadap kenyataan.
2)      Baru, artinya informasi harus benar-benar baru bagi penerimanya.
3)      Tambahan, artinya informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan sehingga terjadi perubahan terhadap informasi yang sudah ada.
4)      Korektif, informasi dapat digunakan untuk melakukan koreksi  terhadap informasi sebelumnya yang salah atau kurang benar.
5)      Penegas, artinya informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat.

c.       Kualitas informasi
1)      Akurat, berarti informasi harus terbebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan, sehingga informasi terbebas dari kemungkinan terjadinya gangguan yang dapat mengubah atau merusak informasi tersebut.
2)      Tepat pada waktunya, artinya informasi yang disampaikan tidak terlambat karena informasi adalah landasan dalam pengambilan keputusan.
3)      Relevan, berarti informasi tersebut memiliki manfaat untuk pemakainya.

d.      Nilai informasi
Berikut ini 10 sifat yang dapat menentukan nilai informasi.
1)      Kemudahan dalam memperoleh, informasi dinilai sempurna apabila mudah dalam memperolehnya.
2)      Sifat luas dan kelengkapannya, maksudnya informasi yang sempurna itu adalah informasi yang mempunyai cakupan yang luas dan lengkap.
3)      Ketelitian (accuracy), informasi sempurna itu apabila memiliki ketelitian yang tinggi atau akurat.
4)      Kecocokan dengan pengguna (relevance), informasi yang sempurna itu apabila informasi memiliki kecocokan dengan kebutuhan penggunanya.
5)      Ketepatan waktu, informasi sempurna apabila diterima oleh pengguna informasi pada saat yang tepat.
6)      Kejelasan (clarity), informasi yang sempurna itu memiliki informasi yang jelas.
7)      Fleksibilitas/keluwesan, informasi yang sempurna itu apabila memiliki fleksibelitas yang tinggi.
8)      Dapat dibuktikan, informasi yang sempurna itu apabila informasi itu dapat dibuktikan kebenarannya.
9)      Tidak ada prasangka, informasi yang sempurna itu diharapkan tidak menimbulkan prasangka dan keraguan adanya kesalahan informasi.
10)  Dapat diukur, artinya informasi untuk pengambilan keputusan seharusnya dapat diukur kedalamannya agar dapat mencapai nilai yang sempurna.



B.       Pengenalan Dasar Internet
1.    Pengenalan Dasar Internet
Internet merupakan singkatan dari interconnection networking, jaringan yang saling terhubung. Secara sederhana, internet berarti kumpulan dari jutaan computer di seluruh dunia yang bisa terkoneksi antara satu dengan yang lainnya. Media yang digunakan bisa melalui sambungan Telepon, kabel dan satelit atau wireless.

2.    Fasilitas/Layanan pada Internet
a.      Browsing/Surfing, sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari informasi. Program yang digunakan Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.

b.      e-mail (Electronic Mail), sebuah layanan untuk pengiriman surat secara elektronik. Untuk pengiriman kita harus mempunyai account e-mail. Untuk membuat e-mail kita dapat menggunakan website tertentu yang menyediakan fasilitas e-mail, misalnya yahoo.com,  Telkom.net, gmail.com, dan lain-lain.

c.       Mailing List, disebut juga milis, yaitu layanan internet sebagai pengembangan e-mail yang difungsikan untuk berdiskusi sesama anggota milis. Setiap e-mail yang dikirimkan akan disampaikan kepada seluruh anggota.

d.      Inter Relay Chat (Chatting), yaitu layanan yang digunakan untuk berbincang-bincang menggunakan teks.

e.       Newsgroup, layanan untuk komunikasi antara user-user untuk membahas suatu topic dalam sebuah forum.

f.       File Transfer Protocol (FTP), pengriminan suatu file yang disertakan melalui e-mail. File yang dapat dikirim berupa file naskah (word), gambar, animasi, music dan sebagainya.

g. Teleconference, layanan berbincang-bincang jarak jauh secara langsung. Komputer yang digunakan untuk teleconference harus dilengkapi dengan web cam, sound card, tv turner, VoIP.

3.    Fungsi Manfaat Internet
a.         Menambah wawasan dan pengetahuan
b.         Komunikasi menjadi lebih mudah
c.         Mudahnya belanja di internet
d.        Internet wbagai wahana hiburan
e.         Berbagi informasi menjadi lebih mudah
f.          Memudahkan mencari lowongan pekerjaan
g.         Internet dalam dunia bisnis


4.    Akses Kecepatan Internet
Mengakses internet adalah sebuah kegiatan yang berkaitan dengan interaksi user dengan computer yang terkoneksi dengan internet. Akses internet bisa menggunakan bermacam-macam media seperti computer pribadi, smartphone, tv kabel, dan lain-lain.
Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui lajur internet. Kecepatan transfer data adalah jumlah data dalam bit yang melewati suatu media tertentu dalam satu detik. Umumnya ditulis dalam bit per detik ( bit per second) yang disimbolkan dengan bit/s atau bps.

5.    Factor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet
a.         Komputer , semakin tinggi spesifikasi computer yang digunakan maka semakin bagus juga koneksi internet yang didapatkan.
b.        Bandwidth, bandwidth adalah luas atau lebarnya cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya diukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP maka akan semakin cepat pula akses internet.
c.         Aplikasi yang digunakan
d.        Banyaknya user, kecepatan akses internet dibagi secara merata kepada semua user. Jika ada banyak user yang mengakses satu server dalam waktu bersamaan, maka kecepatan akses pun akan semakin rendah.
e.         Keamanan data, Beberapa ISP yang menggunakan firewall untuk keamanan data dan transaksi online. Hal ini berpengaruh pada kecepatan akses internet pada saat memasukkan data dari computer local ke computer server di internet (upload) dan mengambil data dari internet (download).
f.          Jenis koneksi internet yang digunakan
                                  i.          Dial Up, koneksi internet yang didapatkan melalui sambungan kabel Telepon rumah dengan modem biasa.
                                ii.          ADSL, yaitu koneksi internet yang didapatkan melalui sambunagn kabel Telepon rumah dengan modem ADSL. Jenis ini lebih cepat daripada Dial Up.
                              iii.          Wireless, yaitu koneksi internet yang didapatkan melalui jaringan wireless yang disediakan ISP. Koneksi ini lebih cepat dari ADSL modem tergantung pada perangkat menangkap sinyal.
                              iv.          GPRS, yaitu koneksi internet yang didapatkan melalui mobile modem atau modem handphone atau modem GSM dan CDMA.


C.      Etika dan Tata Karma Warga Digital
Warga digital adalah orang yang sadar akan hal baik dan yang buruk, menunjukkan kecerdasan perilaku teknologi dan bisa membuat pilihan yang tepat saat menggunakan teknologi.
Sebelum berkomunikasi di media masa elektronik perlu memperhatikan Etika/tata karma komunikasi sejalan serta berkesinambungan dengan menggunakan konsep T H I N  K yang merupakan akronim dari;
1.      True ( is it true?), sudah benarkah postingan anda atau hanya isu yang tidak jelas sumbernya.
2.      Hurtful ( is it hurtful?), apakah postingan anda akan menyakiti orang lain
3.      Illegal (is it illegal?), ilegalkah postingan anda
4.      Necessary (is it necessary?), pentingkah postingan anda? Karena postingan yang tidak penting akan mengganggu orang lain.
5.      Kind (is it Kind?), santunkah postingan anda? Sebaiknya menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain.

D.      Penggunaan Mesin Pencarian (Search Engine)
1.      Pengertian Mesin Pencarian (Search Engine)
Search engine adalah salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi yang diinginkan. Search engine menampung data base situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web. Hanya dengan memasukkan kata kunci, maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat.

2.      Macam Macam Search Engine
a.        Google
b.        Yahoo!
c.         Bing
d.        Altavista
e.         Ixquick
f.         Gigablast
g.        AOL
h.        ASK
i.          LYCOS
j.          Alltheweb

E.       Penggunaan E-Mail
1.         Pengertian E-Mail (Electronic Mail)
Electronic mail diartikan sebagai surat elektronik (surel). Email dapat didefinisikan sebagai metode pengiriman, penerimaan dan penyimpanan pesan melalui system komunikasi elektronik berupa internet. Email bisa menjangkau ke seluruh dunia karena didukung jaringan global. Dengan email dapat mengirim surat dengan cepat tanpa harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat.

2.         Pengertian ISP
Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain-lain.

3.         Fungsi ISP
a.       Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet
b.      Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
c.       Menyediakan modem untuk Dial Up
d.      Menghubungkan user ke layanan informasi World Wide Web (WWW).
e.       Memungkinkan pengguna menggunakan layanan  surat elektronik.
f.       Memungkinkan user/pengguna melakukan percakapan suara via internet
g.      Memberi tempat untuk homepage
h.       Melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan system antivirus untuk pelanggannya.

4.         Aplikasi Web E-Mail
Webmail adalah suatu aplikasi khusus yang disediakan penyedia layanan email untuk mengakses email melalui sebuah browser, seperti halaman Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome. Hampir seluruh penyedia layanan email gratis menggunakan layanan email berbasis webmail. Aplikasi ini dapat diakses darimana saja karena harus terhubung dengan koneksi internet.
Fasilitas yang tersedia jika mengakses email melalui webmail;
a.       Mengirim email (sent)
b.      Membaca email
c.       Membalas email (reply)
d.      Meneruskan email (forward)
e.       Menyimpan email (save)
f.       Menghapus email (delete)
g.      Mengembalikan email yang telah terhapus ke tempat semula
h.      Dapat menggunakan lampiran dokumen (attachment) 
i.    Dapat mencetak email (print)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri

5 Risiko Kecelakaan Kerja dalam Bidang Akuntansi