A.
Konsep Data dan Informasi
1. Data
Dari
segi bahasa, kata “data” berasal dari kata “datum” yang berasal dari Bahasa
Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan.
a.
Pengertian data
Data
secara umum adalah kumpulan fakta, kejadian yang digunakan sebagai penyelesaian
masalah dalam bentuk informasi. Berikut ini pengertian data menurut para ahli.
1).
Edhy Sutanta : data dapat didefinisikan
sebagai bahan keterangan tentang kejadian-kejadian nyata atau fakta-fakta yang
dirumuskan dalam kelompok lambang tertentu yang tidak acak yang menunjukkan
jumlah, tindakan, atau hal.
2).
Wilkinson : data adalah fakta, angka bahkan symbol mentah. Secara bersama-sama
merupakan masukan bagi suatu system informasi.
3).
Arikunto : Kuswandi dan E. Mutiara : Data sebagai kumpulan informasi yang
diperoleh dari suatu pengamatan, dapat berupa angka,lambang atau sifat.
b.
Jenis-jenis data
1)
Jenis data menurut sifatnya
a.
Data kualitatif, yaitu data yang tidak berbentuk
angka, misalnya kondisi barang (jelek, sedang, bagus), jenis pekerjaan (petani,
pengusaha, pedagang).
b.
Data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk
angka, misalnya harga barang, besarnya pendapatan, dan jumlah pembeli.
2)
Jenis data menurut sumbernya
a.
Data internal,
yaitu data dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan keadaan
organisasi tersebut, contohnya jumlah karyawan jumlah modal, atau jumlah
produksi dalam suatu perusahaan.
b.
Data eksternal, yaitu data dari luar suatu
organisasi yang dapat menggambarkan factor-faktor yang mungkin mempengaruhi
hasil kerja suatu organisasi. Misalnya daya beli masyarakat mempengaruhi hasil
penjualan suatu perusahaan.
3)
Jenis data menurut waktu pengumpulannya
a.
Data cross
section, yaitu data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu (at a point of time) untuk menggambarkan
keadaan dan kegiatan pada waktu tertentu. Misalnya, laporan keuangan per 31
Desember 2018, data pelanggan PT Sejahtera bulan Oktober 2018.
b.
Data berkala (Time Series Data), yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu
untuk melihat perkembangan suatu kejadian selama periode tersebut. Misalnya
data jumlah pelanggan dari bulan Januari-Desember 2018
4)
Jenis data menurut cara memperolehnya
a.
Data primer (Primary
data), yaitu data yang dikumpulkan oleh perorangan/suatu organisasi secara
langsung dari objek yang diteliti dan untuk kepentingan studi yang bersangkutan
yang dapat berupa interview atau observasi secara langsung.
b.
Data sekunder (secondary data), yaitu data yang diperoleh dan disatukan oleh
studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain.
Contohnya data dokumentasi seperti buku, jurnal, dan arsip-arsip.
c.
Hierarki Data
Hierarki
data atau tingkatan data disusun dari yang paling sederhana hingga paling
kompleks.
1)
Basis data, yaitu sekumpulan dari bermacam-macam
tipe record yang memiliki hubungan record.
2)
Berkas/file, yaitu merupakan sekumpulan rekaman
data yang berkaitan dengan suatu objek.
3)
Record, merupakan sekumpulan data yang saling
berhubungan suatu objek tertentu.
d.
Metode pengolahan data pada komputer
1)
Pengumpulan data, merupakan kegiatan pengumpulan
data yang menggambarkan tiap tindakan internal perusahaan dan menggambarkan
transaksinya dengan lingkungannya.
2)
Pengubahan data, kegiatan ini mencakup
pengklasifikasian, penyortiran, pengakumulasian, perekapitulasian, hingga
pembandingan.
3)
Penyimpanan data, penyimpanan data pada data base di suatu media penyimpanan
sampai data itu diperlukan.
4)
Pembuatan dokumen, pengolahan data menghasilkan
dokumen yang dibutuhkan oleh perorangan atau kelompok baik di dalam maupun luar
perusahaan.
2. Informasi
a. Pengertian Informasi
Secara
etimologi, informasi berasal dari Bahasa Latin, yaitu “Informatinem” yang artinya ide, kode atau garis besar. Secara umum,
informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola
sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat
bagi penerimanya.
Pengertian
informasi menurut para ahli
1)
Edhy Sutanta
Informasi
merupakan hasil pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi
penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan
yang dapat dirasakan akibatnya secara langsung saat itu juga atau secara tidak
langsung pada saat mendatang.
2)
Hoffer
Informasi
adalah data yang telah diproses sedemikian rasa sehingga meningkatkan pengetahuan
seseorang yang menggunakannya.
3)
Tata Sutabri
Informasi
adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan
untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
b. Ciri-ciri informasi
1)
Benar atau salah, artinya dalam hal ini informasi
berhubungan dengan kebenaran atau kesalahan terhadap kenyataan.
2)
Baru, artinya informasi harus benar-benar baru
bagi penerimanya.
3)
Tambahan, artinya informasi dapat diperbaharui
atau memberikan tambahan sehingga terjadi perubahan terhadap informasi yang
sudah ada.
4)
Korektif, informasi dapat digunakan untuk
melakukan koreksi terhadap informasi
sebelumnya yang salah atau kurang benar.
5)
Penegas, artinya informasi dapat mempertegas
informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat.
c. Kualitas informasi
1)
Akurat, berarti informasi harus terbebas dari
kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan, sehingga informasi terbebas dari
kemungkinan terjadinya gangguan yang dapat mengubah atau merusak informasi
tersebut.
2)
Tepat pada waktunya, artinya informasi yang
disampaikan tidak terlambat karena informasi adalah landasan dalam pengambilan
keputusan.
3)
Relevan, berarti informasi tersebut memiliki
manfaat untuk pemakainya.
d. Nilai informasi
Berikut
ini 10 sifat yang dapat menentukan nilai informasi.
1)
Kemudahan dalam memperoleh, informasi dinilai
sempurna apabila mudah dalam memperolehnya.
2)
Sifat luas dan kelengkapannya, maksudnya
informasi yang sempurna itu adalah informasi yang mempunyai cakupan yang luas
dan lengkap.
3)
Ketelitian (accuracy),
informasi sempurna itu apabila memiliki ketelitian yang tinggi atau akurat.
4)
Kecocokan dengan pengguna (relevance), informasi yang sempurna itu apabila informasi memiliki
kecocokan dengan kebutuhan penggunanya.
5)
Ketepatan waktu, informasi sempurna apabila
diterima oleh pengguna informasi pada saat yang tepat.
6)
Kejelasan (clarity),
informasi yang sempurna itu memiliki informasi yang jelas.
7)
Fleksibilitas/keluwesan, informasi yang sempurna
itu apabila memiliki fleksibelitas yang tinggi.
8)
Dapat dibuktikan, informasi yang sempurna itu
apabila informasi itu dapat dibuktikan kebenarannya.
9)
Tidak ada prasangka, informasi yang sempurna itu
diharapkan tidak menimbulkan prasangka dan keraguan adanya kesalahan informasi.
10) Dapat
diukur, artinya informasi untuk pengambilan keputusan seharusnya dapat diukur
kedalamannya agar dapat mencapai nilai yang sempurna.
B. Pengenalan Dasar Internet
1. Pengenalan Dasar Internet
Internet
merupakan singkatan dari interconnection
networking, jaringan yang saling terhubung. Secara sederhana, internet
berarti kumpulan dari jutaan computer di seluruh dunia yang bisa terkoneksi
antara satu dengan yang lainnya. Media yang digunakan bisa melalui sambungan
Telepon, kabel dan satelit atau wireless.
2. Fasilitas/Layanan pada Internet
a. Browsing/Surfing,
sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu
situs/website guna mencari informasi. Program yang digunakan Internet Explorer,
Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.
b. e-mail (Electronic
Mail), sebuah layanan untuk pengiriman surat secara elektronik. Untuk
pengiriman kita harus mempunyai account
e-mail. Untuk membuat e-mail kita dapat menggunakan website tertentu yang
menyediakan fasilitas e-mail, misalnya yahoo.com, Telkom.net, gmail.com, dan lain-lain.
c.
Mailing List, disebut juga milis,
yaitu layanan internet sebagai pengembangan e-mail yang difungsikan untuk
berdiskusi sesama anggota milis. Setiap e-mail yang dikirimkan akan disampaikan
kepada seluruh anggota.
d. Inter
Relay Chat (Chatting), yaitu
layanan yang digunakan untuk berbincang-bincang menggunakan teks.
e.
Newsgroup, layanan untuk komunikasi
antara user-user untuk membahas suatu topic dalam sebuah forum.
f. File
Transfer Protocol (FTP), pengriminan suatu file yang disertakan melalui
e-mail. File yang dapat dikirim berupa file naskah (word), gambar, animasi,
music dan sebagainya.
g. Teleconference,
layanan berbincang-bincang
jarak jauh secara langsung. Komputer yang digunakan untuk teleconference harus dilengkapi dengan web cam, sound card, tv
turner, VoIP.
3. Fungsi Manfaat Internet
a.
Menambah wawasan dan pengetahuan
b.
Komunikasi menjadi lebih mudah
c.
Mudahnya belanja di internet
d.
Internet wbagai wahana hiburan
e.
Berbagi informasi menjadi lebih mudah
f.
Memudahkan mencari lowongan pekerjaan
g.
Internet dalam dunia bisnis
4. Akses Kecepatan Internet
Mengakses
internet adalah sebuah kegiatan yang berkaitan dengan interaksi user dengan
computer yang terkoneksi dengan internet. Akses internet bisa menggunakan
bermacam-macam media seperti computer pribadi, smartphone, tv kabel, dan lain-lain.
Kecepatan
akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui
lajur internet. Kecepatan transfer data adalah jumlah data dalam bit yang
melewati suatu media tertentu dalam satu detik. Umumnya ditulis dalam bit per
detik ( bit per second) yang disimbolkan dengan bit/s atau bps.
5. Factor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan
Akses Internet
a.
Komputer
, semakin tinggi spesifikasi computer yang digunakan maka semakin bagus
juga koneksi internet yang didapatkan.
b.
Bandwidth,
bandwidth adalah luas atau lebarnya cakupan frekuensi yang digunakan oleh
sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya diukur dengan satuan Hertz.
Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP maka akan semakin cepat pula
akses internet.
c.
Aplikasi
yang digunakan
d.
Banyaknya
user, kecepatan akses internet dibagi secara merata kepada semua user. Jika
ada banyak user yang mengakses satu server dalam waktu bersamaan, maka
kecepatan akses pun akan semakin rendah.
e.
Keamanan
data, Beberapa ISP yang menggunakan firewall untuk keamanan data dan
transaksi online. Hal ini berpengaruh pada kecepatan akses internet pada saat
memasukkan data dari computer local ke computer server di internet (upload) dan mengambil data dari internet
(download).
f.
Jenis
koneksi internet yang digunakan
i.
Dial Up, koneksi internet yang didapatkan
melalui sambungan kabel Telepon rumah dengan modem biasa.
ii.
ADSL, yaitu koneksi internet yang didapatkan
melalui sambunagn kabel Telepon rumah dengan modem ADSL. Jenis ini lebih cepat
daripada Dial Up.
iii.
Wireless, yaitu koneksi internet yang didapatkan
melalui jaringan wireless yang disediakan ISP. Koneksi ini lebih cepat dari
ADSL modem tergantung pada perangkat menangkap sinyal.
iv.
GPRS, yaitu koneksi internet yang didapatkan
melalui mobile modem atau modem handphone atau modem GSM dan CDMA.
C. Etika dan Tata Karma Warga Digital
Warga
digital adalah orang yang sadar akan hal baik dan yang buruk, menunjukkan
kecerdasan perilaku teknologi dan bisa membuat pilihan yang tepat saat
menggunakan teknologi.
Sebelum
berkomunikasi di media masa elektronik perlu memperhatikan Etika/tata karma
komunikasi sejalan serta berkesinambungan dengan menggunakan konsep T H I
N K yang merupakan akronim dari;
1. True ( is
it true?), sudah benarkah postingan anda atau hanya isu yang tidak
jelas sumbernya.
2. Hurtful ( is it hurtful?), apakah postingan anda akan menyakiti orang
lain
3. Illegal (is it illegal?), ilegalkah postingan anda
4. Necessary (is it necessary?), pentingkah postingan anda? Karena postingan
yang tidak penting akan mengganggu orang lain.
5. Kind (is
it Kind?), santunkah postingan anda? Sebaiknya menggunakan kata-kata
yang dapat menyinggung orang lain.
D. Penggunaan Mesin Pencarian (Search Engine)
1. Pengertian Mesin Pencarian (Search Engine)
Search engine adalah salah satu
fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi yang
diinginkan. Search engine menampung data base situs-situs dari seluruh dunia
yang jumlahnya milyaran halaman web. Hanya dengan memasukkan kata kunci, maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan
keterangan singkat.
2. Macam Macam Search Engine
a.
Google
b.
Yahoo!
c.
Bing
d.
Altavista
e.
Ixquick
f.
Gigablast
g.
AOL
h.
ASK
i.
LYCOS
j.
Alltheweb
E. Penggunaan E-Mail
1.
Pengertian
E-Mail (Electronic Mail)
Electronic mail diartikan sebagai surat
elektronik (surel). Email dapat didefinisikan sebagai metode pengiriman,
penerimaan dan penyimpanan pesan melalui system komunikasi elektronik berupa
internet. Email bisa menjangkau ke seluruh dunia karena didukung jaringan
global. Dengan email dapat mengirim surat dengan cepat tanpa harus menunggu
tukang pos datang mengirimkan surat.
2.
Pengertian
ISP
Internet Service Provider (ISP) atau
Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau organisasi yang
menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan,
perkantoran, kampus, sekolah, dan lain-lain.
3.
Fungsi
ISP
a.
Sebagai media yang memberikan jasa untuk
berhubungan dengan internet
b.
Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
c.
Menyediakan modem untuk Dial Up
d.
Menghubungkan user ke layanan informasi World
Wide Web (WWW).
e.
Memungkinkan pengguna menggunakan layanan surat elektronik.
f.
Memungkinkan user/pengguna melakukan percakapan
suara via internet
g.
Memberi tempat untuk homepage
h.
Melakukan
proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan system antivirus untuk
pelanggannya.
4.
Aplikasi
Web E-Mail
Webmail
adalah suatu aplikasi khusus yang disediakan penyedia layanan email untuk
mengakses email melalui sebuah browser, seperti halaman Internet Explorer,
Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome. Hampir seluruh penyedia layanan email
gratis menggunakan layanan email berbasis webmail. Aplikasi ini dapat diakses
darimana saja karena harus terhubung dengan koneksi internet.
Fasilitas
yang tersedia jika mengakses email melalui webmail;
a.
Mengirim email (sent)
b.
Membaca email
c.
Membalas email (reply)
d.
Meneruskan email (forward)
e.
Menyimpan email (save)
f.
Menghapus email (delete)
g.
Mengembalikan email yang telah terhapus ke
tempat semula
h.
Dapat menggunakan lampiran dokumen (attachment)
i. Dapat mencetak email
(print)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar