A.
MENGENAL PERALATAN KANTOR
Hampir semua
kegiatan yang berlangsung dalam suatu kantor/perusahaan memerlukan peralatan
dan perlengkapan. Peralatan kantor bisa
dipahami semua jenis peralatan yang ada di kantor dan digunakan untuk kegiatan
kantor. Penataan dokumen dan penyelenggaraan kearsipan suatu kantor tidak akan
berjalan dengan baik apabila tidak didukung oleh sarana yang memadai.
1. Pengertian Peralatan Kantor
Peralatan
kantor adalah semua barang yang dipakai untuk menghasilkan dan membantu suatu
pekerjaan yang diharapkan di kantor. Pendapat lain mengatakan bahwa peralatan
kantor merupakan barang-barang yang digunakan habis dalam pelaksanaan
sehari-hari oleh pegawai administrasi kantor. Misalnya, amplop, kertas, pita
mesin, dan sebagainya. Dapat disimpulkan bahwa, peralatan kantor adalah suatu
sarana dan prasarana yang dapat memperlancar pelaksanaan semua pekerjaan
administrasi yang ada di kantor/perusahaan.
2. Istilah-Istilah Peralatan Kantor
a. Mesin kantor
Mesin kantor
merupakan segala macam peralatan memproses pekerjaan dalam kantor. Contoh mesin
kantor yaitu computer, stensil, ohp, mesin fotokopi, dan sebagainya.
b. Pesawat kantor
Pesawat kantor
yaitu semua bentuk mesin kantor yan berfungsi untuk mengadakan komunikasi baik
di lingkungan intern maupun lingkungan ekstern. Contohnya Telepon, intercom,
fax, dan sebagainya.
c. Perabot kantor
Perabot kantor
yaitu segala macam benda kantor yang berfungsi untuk menunjang pekerjaan
kantor. Perabot kantor merupakan peralatan yang berkaitan dengan kegiatan tulis
menulis dan menyimpan hasil kerja kantor, contohnya lemari, meja, kursi, dan
sebagainya.
d. Perlengkapan kantor
Perlengkapan
kantor merupakan benda-benda yang digunakan untuk menghasilkan suatu pekerjaan
dalam kantor.
e. Interior kantor
Interior kantor
merupakan segala jenis benda yang berfungsi sebagai hiasan ruang kantor
sehingga dapat tercipta ruangan yang serasi, contohhnya lampu, gambar, vas
bunga, dan sebagainya.
3. Kegunaan Peralatan Kantor
Peralatan
kantor berfungsi sebagai berikut;
a. Alat untuk mempercepat, meringankan, dan
mempermudah pekerjaan kantor.
b. Media untuk melakukan berbagai kegiatan
kantor.
c. Sarana untuk penyimpanan arsip.
4. Jenis-Jenis Peralatan Kantor
a. Barang yang tidak habis pakai
Yaitu benda
kantor yang dapat digunakan berulang kali atau sifatnya tahan lama, contohnya
penggaris, stepler, gunting dan sebagainya.
b. Barang yang habis pakai
Barang yang
sekali pakai, contohnya amplop, kertas, tinta, karbon, dan sebagainya.
B.
MACAM-MACAM PERALATAN KANTOR
1. Hal-hal
yang diperhatikan dalam pemilihan peralatan kantor
a. Peralatan harus disesuaikan dengan bentuk
dan ukuran pekerjaan
b. Peralatan juga harus memperhatikan
sifat-sifat objek pekerjaan
c. Peralatan yang digunakan harus
memperhatikan pertumbuhan dan akumulasi yang tercipta dalam kantor.
a. Computer, merupakan suatu alat elektronik
yang dapat mengerjakan beberapa hal seperti menginput data, memproses input data
sesuai denga apa yang dikehendaki oleh pengguna, dan melakukan penyimpanan
perintah-perintah dari hasil pengolahan, serta dapat menyediakan output dalam
bentuk informasi penting dalam computer.
b. Printer, yaitu alat yang berfungsi untuk
menampilkan data dalam bentuk cetakan baiik berupa teks, gambar, grafik maupun
table di atas kertas.
c. Alat tulis
d. Buku kas
e. Ordner
f.
Perforator
g. Stapler
h. Guide
i.
Kalkulator
j.
Filling
cabinet
k. Map arsip
l.
Numerator
m. Alat sortir
n. Label
o. Tickler file, merupakan alat yang
digunakan untuk menyimpan arsip yang berbentuk lembaran yang berukuran kecil,
seperti kartu-kartu, lembar gaji, dan sebagainya. Umumnya terbuat dari kayu
atau besi.
p. Mesin penghitung uang
q. Mesin absensi
r. Cash box
s. Mesin penghancur kertas
3. Penanganan
Perlangkapan kantor
a.
Pengadaan
Pengadaan
merupakan usaha yang berttujuan untuk mendapatkan peralatan kantor sesuai
rencana kebutuhan yang telah ditetapkan melalui pembelian, pembuatan sendiri,
sewa dan sebagainya.
b.
Penyimpanan
Penyimpanan
merupakan kegiatan untuk menampung hasil pengadaan barang perlengkapan yang meliputi pencatatan ke dalam buku barang
dan penyimpanan barang itu sendiri.
c.
Pengeluaran
Pengeluaran
merupakan penyaluran barang dari unit pergudangan kepada unit berdasarkan nota
permintaan dan harus dicatat pada buku pengeluaran barang.
d.
Pemeliharaan
Pemeliharaan
merupakan usaha yang dilakukan secara terus menerus dengan tujuan barang tetap
terjaga dengan baik.
e.
Penghapusan
Penghapusan
merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meniadakan barang-barang dari dalam
daftar inventaris berdasarkan prosedur yang berlaku dalam perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar