Selasa, 02 Februari 2021

XI HUMAS BAB VIII MEDIA KOMUNIKASI HUMAS

 A.     PENGERTIAN MEDIA HUMAS

Media humas (public relations media) adalah segala bentuk media (sarana, saluran atau channel) yang digunakan oleh praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan publikasi yang luas agar produk atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat. Media humas lebih bersifat publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang penting digunakan humas adalah kemitraan dengan media pers (cetak dan elektronik) dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press relations (hubungan pers).

 B.     TUJUAN DAN JENIS MEDIA HUMAS

1.      Tujuan media humas

a.      Promosi dan tingkatkan pemasaran

b.      Komunikasi berkesinambungan

c.       Tingkatkan kepercayaan public

d.      Tingkatkan citra pperusahaan atau organisasi

 

2.      Jenis media humas

a.      Media humas Internal

Media internal adalah suatu sarana penyampaian dan penerimaan informasi di kalangan public internal perusahaan, dan biasanya bersifat nonkomersial. Penerima maupun pengirim informasi adalah orang dalam atau public internal, yang terdiri atas pimpinan, anggota, pegawai, maupun unit-unit kerja yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Berikut ini beberapa media humas internal;

1)     Jurnal internal

Jurnal yang diterbitkan oleh suatu lembaga, biasanya memuat informasi mengenai segala sesuatu yang terjadi di dalam lembaga dan khususnya diperuntukkan anggota lembaga tersebut.

2)     Papan pengumuman

Papan pengumuman dapat memudahkan pegawai yang sama dalam waktu bersamaan.

3)     Kaset video

Media ini menghadirkan komunikasi tatap muka secara artificial (seolah-olah yang ditonton dapat saling berkomunikasi secara langsung) untuk memudahkan pemahaman lebih baik terhadap pegawai.

4)     Stasiun radio sendiri

5)     Jaringan Telepon internal

6)     Kotak saran

Kotak saran untuk menampung keluhan dan saran para anggota karyawan sehingga kelebihan dan kekurangan yang ada dapat diketahui.

7)     Intensif bicara

Metode ini untuk memperoleh umpan balik dari para pegawai dengan membuka nomor Telepon khusus sehingga para pegawai dapat menghubungi pimpinan secara langsung tanpa harus menempuh birokrasi yang berliku.

8)     Siaran umum

9)     Obrolan langsung

10) Dewan pekerja

 

b.      Media humas eksternal

media humas eksternal adalah media untuk kegiatan humas yang diarahkan kepada khalayak di luar perusahaan. Focus dari humas eksternal adalah hubungan dengan media. Media eksternal sangat berpengaruh besar dalam publisitas suatu organisasi yang bersangkutan.

1)     Jurnal eksternal

Media humas eksternal tidak harus diartikan semata mata sebagai suatu bentuk terbitan yang dibagikan kepada pihak luar. Pihak luar tidak akan tertarik dengan masalah masalah yang dihadapi suatu organisasi. Sehingga jurnal harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau khalayak yang dituju.

2)     Media audiovisual

Perangkat audiovisual adalah suatu media yang bercakupan terbatas yang dimiliki dan sepenuhnya dikendalikan oleh pihak tertentu yang diarahkan kepada khalayak yang bersifat terbatas pula. Penerapan system ini memerlukan sejumlah lembaga pendukung, seperti perpustakaan film yang sanggup menyimpan, memelihara, serta mendistribusikan kaset kaset rekaman tersebut kepada khalayak.

3)     Literature edukatif

Literature edukatif adalah semua bahan cetakan yang dibuat dapat menjelaskan atau mendorong penggunaan suatu produk atau jasa pelayanan atau berbagai manfaat dan nilai dari produk tadi.

4)     Komunikasi lisan

Penyampaian suatu uraian secara lisan yang juga didukung oleh peralatan audiovisual merupakan salah satu kegiatan humas yang penting.

5)     Pameran

6)     Seminar

7)     Sponsor

 

C.     PEMILIHAN MEDIA

1.      Radio

a.      Kelebihan : penyampaian gagasan sederhana dan langsung, teks mudah dikoreksi (luwes), serta memiliki public khusus

b.      Kekurangan : dialog dan materi kurang variatif, fakta tidak dapat dijelaskan dengan lengkap, melelahkan (suara dan waktu terbatas), serta hanya bisa didengarkan sekali.

2.      Siaran televisi

a.      Kelebihan : menjangkau masyarakat luas, audiovisual.

b.      Kekurangan : biaya mahal, ,komunikasi satu arah, siaran cepat, dan daya beli mahal.

3.      Surat kabar

a.      Kelebihan : menjangkau semua lapisan masyarakat dan murah

b.      Kekurangan : penyampaian berita tergantung penulis

4.      Media online

a.      Kelebihan : trending, terutama media sosial dan blog, menjangkau seluruh lapisan masyarakat, menjangkau seluruh dunia (internasional), dapat diakses kapan dan di mana saja, serta terdokumentasi.

b.      Kekurangan : butuh akses internet, sumber daya manusia bidang media online terbatas, serta butuh keterampilan khusus dalam mengelola dan menulis di media online (internet).

 

D.    KEAHLIAN YANG HARUS DIMILIKI PRAKTISI HUMAS

Keahlian yang harus dimiliki praktisi humas atau staf public relations (PR) yaitu keterampilan komunikasi lisan (public speaking) dan komunikasi tulisan (menulis). Berikut ini keahlian tertulis yang harus dimiliki praktisi humas menurut CutlipCenter, dan Broom dalam Effective Public Relations (via Yusriah Nasution dalam Komunikasi Antar Pribadi).

1.      Menulis (Writing)

2.      Mengedit (Editing)

3.      Hubungan dengan Media (Media Relations)

4.      Special Event, merancang dan menangani konferensi pers, pameran, open house, dan sebagainya.

5.      Berbicara (Speaking)

6.      Produksi (Production), berkomunikasi menggunakan multimedia, termasuk seni fotografi, layout, brosur, buklet, presentasi audiovisual dan lain sebagainya.

7.      Penelitian (Research), mengumpulkan informasi sehingga memudahkan organisasi untuk merencanakan program sesuai kebutuhan public, memonitor efektivitas program humas selama pelaksanaan dan evaluasi dampaknya.

8.      Programming dan counseling, program dan bimbingan untuk menentukan kebutuhan, prioritas dan tujuan, public,sasaran dan strategi, serta bekerja sama dengan manajemen atau klien untuk proses pemecahan masalah.

9.      Training, melatih atau bekerjasama dengan wakil-wakil organisasi untuk membuat persiapan menghadapi media, presentasi, dan pemunculan public lainnya.

10. Management, kegiatan administrasi operasi fungsi humas, personalia, keuangan, dan program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri

5 Risiko Kecelakaan Kerja dalam Bidang Akuntansi